Tata Cara Berkurban Saat Idul Adha Menurut Syariat Islam

1. Hewan dihadapkan ke kiblat sewaktu menyembelih

2. Menyembelih dengan cara yang baik, yakni menggunakan alat yang tajam dan dilewatkan pada bagian tubuh yang akan disembelih
dengan kuat dan dengan cepat.

Sebagian ulama mengatakan bahwa adab ini hukumnya wajib berdasarkan hadits Nabi:
“Sungguh Allah telah mewajibkan bersikap ihsan (berbuat baik) terhadap segala sesuatu. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik. Jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaklah salah satu kalian menajamkan pisaunya dan menyenangkan sembelihannya!” (HR. Muslim)

3. Melakukan nahr untuk onta dan menyembelih (dzabh) untuk hewan yang lain. Onta dinahr dalam keadaan berdiri dan kaki depannya yang sebelah kiri dalam kondisi terikat. Jika tidak memungkinkan maka nahr dilakukan pada saat onta dalam posisi menderum.

4. Hewan selain onta disembelih dalam posisi lambung hewan sebelah kiri berada di bawah. Jika penyembelih kesulitan bekerja dengan tangannya dalam posisi seperti itu maka penyembelihan dilakukan dalam posisi lambung kanan hewan berada di bawah, dengan catatan posisi ini lebih menyenangkan hewan qurban dan lebih mudah bagi penyembelih.

5. Memutus tenggorokan dan kerongkongan di samping memutus dua pembuluh darah besar di leher.

6. Tidak menampakkan pisau kepada hewan pada saat mengasah. Hewan tersebut seharusnya hanya melihat pisau pada saat menyembelih.

7. Bertakbir setelah membaca bismillah.

Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. (QS. Al-An’am: 121)

8. Setelah membaca bismillah dan bertakbir kemudian menyebutkan nama orang yang menjadi tujuan qurban atau akikah dan berdoa kepada Allah semoga menerima ibadah tersebut.

Itulah point-point penting dalam tata cara menyembelih hewan qurban yang pada umumnya telah diketahui oleh para kyai ataupun uztadz yang telah biasa melakukan penyembelihan qurban. Bagi kita yang belum t5ahu dan ingin menyembelih ada baiknya benar-benar hafal tata caranya, atau dengan memperhatikan beliau yang sudah pengalaman dalam menyembelih terlebih dahulu.

sumber
https://blog.act.id/cara-menyembelih-hewan-qurban-sesuai-syariat-islam/